Dalam Waktu Dekat WHO Akan Beri Izin Darurat Vaksin Pfizer hingga Moderna

BroTechno - ID
Dalam Waktu Dekat WHO Akan Beri Izin Darurat Vaksin Pfizer hingga Moderna
Ilustrasi vaksin corona Pfizer.
Foto: Dado Ruvic/REUTERS

Vaksin corona Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca menjadi kandidat vaksin utama yang sangat diharapkan masyarakat dunia. WHO menyebut emergency use authorization (EUA) atau izin darurat untuk ketiganya secara global bisa terbit beberapa pekan ke depan.

Dikutip dari Reuters, Minggu (13/12), Kepala Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan mengatakan vaksin Pfizer yang progresnya paling cepat. Menyusul kemudian Moderna dan AstraZeneca.

"Restu WHO akan memungkinkan pendistribusian sebuah vaksin di sejumlah negara, yang badan pengawas obat nasionalnya belum dapat melakukan evaluasi," tutur Swaminathan.

Namun, kata Swaminathan, pasokan vaksin COVID-19 kemungkinan besar akan terbatas untuk paruh pertama 2021.

Dalam Waktu Dekat WHO Akan Beri Izin Darurat Vaksin Pfizer hingga Moderna (1)
Ilustrasi vaksin Moderna. Foto: Dado Ruvic/REUTERS

Sementara itu, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, hampir satu miliar dosis vaksin telah diamankan untuk program COVAX. Sebuah skema dari GAVI (asosiasi vaksin dunia) agar vaksin tersebar merata, utamanya ke negara berkembang.

Ada 189 negara yang berpartisipasi dalam program tersebut. Termasuk Indonesia yang mengeklaim akan menerima 54 juta dosis vaksin untuk beberapa bulan ke depan.

Namun, sejumlah pejabat WHO mencatat bahwa masih dibutuhkan waktu untuk memproduksi dosis vaksin yang mencukupi permintaan.

Indonesia termasuk negara yang akan memesan ketiga vaksin ini.

Dalam Waktu Dekat WHO Akan Beri Izin Darurat Vaksin Pfizer hingga Moderna (2)
Ilustrasi vaksin AstraZeneca.
Foto: Dado Ruvic/REUTERS


Read more
LihatTutupKomentar