Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan aplikasi digital K3I (Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi). Dengan aplikasi ini masyarakat bisa melaporkan jika ada kemacetan dan peristiwa yang terjadi di Jalan.
"Masalah penanganan lalu lintas tidak bisa ditangani oleh kita sendiri. Ini menjawab bagaimana kecepatan pelayanan kita bisa kita terapkan langsung kepada masyarakat," ucap Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi di Gedung National Traffic Management Center (NTMC), Senin (20/12).
Firman mengatakan, di dalam aplikasi ini terdapat menu dan fitur yang dapat memberikan banyak manfaat. Tak hanya terkait informasi dan data fasilitas umum saja, namun juga terkait traffic lalu lintas.
"K3I ini sebagai nyawa dari pusat kendali dan operasional kita. Di dalamnya, didukung data-data yang selalu terbarukan. Nanti masyarakat bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan informasinya," ujarnya.
"Didukung data-data yang ada, ini akan menjadi perangkat yang mendukung pengambilan keputusan. Kalau ada peristiwa di jalan, terpantau dari CCTV Jasa Marga," sambungnya.
K3I, lanjut dia, juga menyediakan call center dan chatbot yang akan selalu siaga menjawab pertanyaan masyarakat. Kemudian ada Samsat Digital (SIGNAL) dan SIM Nasional Presisi yang siap memudahkan masyarakat dalam pembuatan dokumen berkendara.
"Kita bisa tahu persis secara aktual secara real time, bisa mengikuti informasi-informasi ini. Termasuk masyarakat. Siapa saja bisa manfaatkan langsung dengan operator yang ada di NTMC ini," tuturnya.
Ia berharap, dengan hadirnya aplikasi ini dapat dimanfaatkan masyarkat semaksimal mungkin pelayanan digital yang disediakan oleh Polri.
"Termasuk aplikasi K3I, dalam waktu dekat diharapkan membantu masyarakat yang melakukan perjalanan saat Nataru," pungkasnya.
Dalam kesempatan ini turut dihadiri oleh Dirut Jasa Raharja dan Perwakilan Jasa Marga.
Read more